Lirik Lagu "Have Yourself a Merry Christmas" dan Beberapa Perubahan

Have Yourself A Merry Little Christmas

Salah satu lagu Natal yang paling banyak distel dari tahun ke tahun adalah lagu Have Yourself a Merry Little Christmas. Lagu ini diciptakan oleh Hugh Martin dan Ralph Blane. Menurut Martin, lagu ini ditulis saat ia tengah berlibur di pondok keluarga di Alabama. Pondok ini didesain oleh ayahnya sebagai persembahan bulan madu bagi ibunya.

Lagu Have Yourself a Merry Little Christmas pertama kali dinyanyikan oleh Judy Garland pada tahun 1944 dalam film musikal berjudul Meet Me in St. Louis. Film ini berkisah tentang keluarga yang resah dengan rencana kepindahan ke New York City karena sang ayah mendapat promosi di tempat kerjanya. Berat hati dirasakan keluarga itu untuk meninggalkan rumah mereka di St. Louis, Missouri. Pada adegan berlatar natal, Judy Garland yang berperan sebagai Esther menyayikan lagu ini untuk menghibur adiknya.


Beberapa baris lirik asli dari Hugh Martin ditolak sebelum pembuatan film ini dimulai. Alasannya karena lirik tersebut terlalu pilu: Have yourself a merry little Christmas / It may be your last/ Next year we may all be living in the past / Have yourself a merry little Christmas / Pop that champagne cork / Next year we may all be living in New York. Dengan berat hati, Hugh Martin akhirnya setuju mengubah bait-bait It may be your last / Next year we may all be living in the past dengan Let your heart be light / Next year all our troubles will be out of sight.

Pada tahun 1957, Frank Sinatra merekam lagu ini dengan sedikit perubahan pada baris Until then we'll have to muddle through somehow. Sinatra meminta Hugh Martin untuk mengubah baris dengan nuansa yang ceria agar sesuai dengan judul album yang akan diluncurkannya A Jolly Christmas.

Tidak ada komentar: