Masjid Al-Imtizaj Bandung

Masjid Al-Imtizaj merupakan masjid unik yang menarik untuk dikunjungi saat berada di Bandung.

Lokasi Masjid Al-Imtizaj 
Lokasi Masjid Al-Imtizaj berada di Jalan Banceuy No. 8 Kota Bandung. Persis di pinggir jalan. Sebelum dibangun masjid, tempat ini merupakan bekas generator listrik.

Sejarah Masjid Al-Imtizaj
Sejarah pembangunan Masjid Al-Imtizaj berawal dari prakarsa mantan Gubernur Jawa Barat HR. Nuriana untuk membuat masjid bagi muallaf, khususnya dari  etnis Tionghoa karena perhatian pada mereka masih dirasa kurang. Gagasan itu ditindaklanjuti dengan pencarian lokasi, survei lokasi dan beberapa pertemuan. Setelah itu dimulailah pembangunan masjid yang dipimpin oleh Ir. Danny Swardhani MBA, seorang arsitek Indonesia yang banyak membangun masjid, termasuk Masjid Atta’awun Puncak Bogor. Masjid Al Imtizaj diresmikan dan dibuka untuk umum pada 6 Agustus 2010.

Bangunan Masjid Al-Imtizaj 
Bangunan Masjid Al-Imtizaj mirip klenteng. Pada bagian depan berdiri gapura bergaya oriental yang dipadukan dengan kubah masjid. Setelah melewati gapura, terdapat beberapa anak tangga yang mengantarkan ke depan pintu ruang sholat laki-laki. Di samping ruang shoat ini, terdapat tempat wudhu. Di sini, ada pancuran wudhu utama berbentuk guci yang apik.

Ruang sholat perempuan berada di atas. Untuk ke sana, harus menaiki tangga merah di sisi kanan. Di ruang sholat lantai atas, tergantung lampion-lampion warna merah kuning sebagai lambang kemakmuran. Pada bagian belakang ruang sholat, tersedia ruangan untuk berwudhu. Pintu ruangan wudhu ini juga diberi sentuhan oriental dengan lukisan pohon bambu.

Bandung



Tidak ada komentar: