Review Jetwing Lighthouse Hotel, Galle, Sri Lanka

Hotel Jetwing Lighthouse yang terletak di kota Galle, Sri Lanka merupakan tempat yang amat nyaman untuk memanjakan diri. Di kawasan resort ini, Anda bisa berjalan-jalan di tepi pantai dan tebing-tebing, atau menikmati santapan dengan suara ombak dan kicauan burung-burung. Di hotel ini tersedia beberapa restoran, kafe dan bar dengan kekhasan masing-masing.

Hotel Jetwing Lighthouse memiliki kamar yang luas. Di kamar yang saya tempati ada jendela dengan pemandangan menghadap ke kolam renang serta pantai. Kamar ini juga memiliki teras luas untuk duduk-duduk atau rebahan di day bed. Menu room service menawarkan beragam menu, termasuk nasi goreng Indonesia.

Yang paling mengagumkan dari Hotel Jetwing Lighthouse adalah keseriusannya menangani persoalan lingkungan. Hotel ini menggunakan instalasi pengolahan air limbah sehingga 100% air limbah dari hotel dapat digunakan lagi untuk menyirami tanaman di kebunnya. Sementara semua sampah organik diolah lagi untuk dijadikan pupuk. Jetwing Lighthouse juga memelihara kebun organik dengan tanaman lokal untuk digunakan di dapur kantin staf di hotel.

Hotel Jetwing Lighthouse juga memafaatkan energi biomassa melalui penggunaan boiler dengan bahan kayu manis yang beroperasi selama 24 jam guna memenuhi kebutuhan air panas di kamar dan kebutuhan laundry. Selain itu, energi matahari dikonversi menjadi listrik melalui panel surya. Sekitar 10% kebutuhan listrik Hotel Jetwing Lighthouse diperoleh dari energi matahari ini.

Kepedulian Hotel Jetwing Lighthouse ini tidak berhenti pada isu lingkungan saja. Pada tahun 2004, tsunami dahsyat melanda Sri Lanka yang menelan korban lebih dari 30.000 orang meninggal dunia. Setelah musibah itu, diketahui bahwa banyak dari mereka yang tewas hari itu tenggelam karena tidak bisa berenang. Atas dasar itu, Hotel Jetwing Lighthouse, bersama beberapa LSM menjalankan sebuah misi agar tragedi seperti itu tidak terulang. Pada tahun 2008, hotel ini membuka Kolam Komunitas Jetwing Lighthouse untuk masyarakat sekitar. Anak-anak sekolah mendapat les renang gratis dari para instruktur handal.

Sri Lanka



Tidak ada komentar: