Museum La Galigo

Museum La Galigo adalah salah satu tempat yang harus dikunjungi jika sedang berada di Makassar. Selain mendapat pengetahuan baru tentang sejarah Makassar dan daerah-daerah lain di Sulawesi Selatan, tempat ini merupakan spot yang bagus bagi yang gemar selfie dan wefie.

Lokasi Musem La Galigo
Museum La Galigo terletak di Jalan Ujung Pandang No. 1, kurang lebih 1 kilometer dari Pantai Losari dan dapat ditempuh sekitar 5 menit dengan kendaraan melalui Jalan Somba Opu. Mungkin butuh sedikit waktu lebih lama jika lalu intas sedang macet. Lokasi Museum La Galigo berada di dalam kompleks Fort Rotterdam.

Pembangunan Museum La Galigo
Pembangunan Museum La Galigo dimulai pada tahun 1970. Pada 24 Februari 1974 Direktur Jenderal Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof. I.B. Mantra meresmikan gedung No. 5 dengan luas 2.211 m² sebagai ruang pameran tetap dan ruang pembinaan.

Benda Bersejarah di Musuem La Galigo
Museum La Galigo ini memiliki sekitar 4999 buah yang terdiri atas koleksi prasejarah, numismatik, keramik asing, sejarah, naskah, dan etnografi. Koleksi etnografi terdiri atas berbagai jenis hasil teknologi, kesenian, peralatan hidup, serta benda lain yang dibuat dan digunakan oleh suku Bugis, Makassar, Mandar, dan Toraja. Museum juga memiliki benda-benda yang berasal dari kerajaan-kerajaan lokal dan senjata yang pernah digunakan pada saat revolusi kemerdekaan.

Makassar

Museum La Galigo


Tidak ada komentar: