Cara Membuat Stiker WhatsApp dengan foto Sendiri

Cara Membuat Stiker WhatsApp Pakai Foto Sendiri

Cara Membuat Stiker WhatsApp dengan Foto Sendiri — WhatsApp kini ramai dengan aneka stiker lucu, stiker ucapan, stiker motivasi dan lain-lain. Anda juga bisa menggunakan foto atau gambar sendiri untuk membuat stiker Whatsapp.

Ada 2 tahap untuk membuat stiker whatsapp. Tahap pertama adalah mengedit foto, tepatnya menghilangkan background (latar) pada foto. Tahap kedua adalah mengunggah (upload) ke WhatsApp. 

Pada tahap pertama diperlukan app (aplikasi) Background Eraser. Tahap Kedua diperlukan aplikasi Personal Stickers for WhatsApp. Kedua app ini bisa diunduh dari Google Play Store. Sebenarnya banyak app lain yang bisa digunakan. Namun di posting ini saya hanya membahas dua app tersebut.

Cara Membuat Stiker WhatsApp dengan Foto Sendiri




LANGKAH 1: Buka Google Play Store dan cari app 'Background Eraser'. Silakan install app tersebut.

LANGKAH 2: Unggah foto dengan menekan 'Upload a photo'





LANGKAH 3: Crop atau potong foto untuk mengambil bidang yang dijadikan stiker. Setelah selesai tekan 'Done'

LANGKAH 4: Hapus background dengan 'Eraser'. Di bagian bawah tersedia beberapa fitur penghapus yaitu 'Extract', 'Auto', 'Magic', 'Manual'. Semua fitur ini bisa digunakan, atau bisa juga hanya menggunakan satu atau dua fitur. Saya biasanya menggunakan 'Extract' dan 'Manual'. 



LANGKAH 5: Fitur 'Extract' menghapus bidang besar dan kecil berdasarkan warna. Pada bagian atas, gunakan 'Keep' untuk menyimpan bidang yang dipakai, kemudian gunakan 'Remove' untuk menghapus background. Jika ada kesalahan dalam menandai 'Keep' atau 'Remove', jangan kuatir. Anda bisa mengeditnya dengan 'fitur Unselect'. Caranya, pilih bidang yang diedit, lalu silakan perbaiki dengan menunjuk bagian 'Keep' atau 'Remove'.

LANGKAH 6: Penghapus 'Manual' menghapus bidang-bidang besar dan kecil yang ditunjuk dengan cursor secara manual. Penghapus ini cocok digunakan untuk menjangkau bagian tepi-tepi yang masih ada sisa-sisa tipis background. Setelah semua background berhasil dihapus tekan 'Done' di bagian atas sisi kanan.

CATATAN: Jika baru pertama kali menggunakan app ini — karena belum terbiasa — mungkin proses menggerak-gerakkan cursor dan penghapus terasa agak susah. Namun setelah dilakukan beberapa kali, akan menjadi mudah. 



LANGKAH 7: Selanjutnya, haluskan outline atau garis tepi foto dengan 'Smooth Edge'. Silakan pilih skala 1-5 di bagian bawah untuk mengatur ketebalan penghalusan. Skala 1 penghalusannya tipis, sementara skala 5 penghalusannya tebal. Setelah selesai, simpan hasil file dengan menekan 'Save' di sisi kanan atas.

LANGKAH 8: Setelah semua proses penghapusan background selesai, tekan 'Finish' di sisi kanan atas.

CATATAN: Silakan membuat minimal 3 stiker agar bisa diunggah ke WhatsApp.




LANGKAH 9: Buka Google Play Store dan cari ‘Personal Stickers for WhatsApp'. Install app tersebut kemudian silakan dibuka.

LANGKAH 10: Secara otomatis app ini mendeteksi stiker. Tekan 'Add' yang terletak di sisi kanan stiker. Setelah itu akan muncul pertanyaan 'Would you like to add Eraser to Whatsapp?' Silakan tekan 'ADD' lagi.

Begitulah langkah-langkah membuat stiker WhatsApp. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar: