SUPER KEREN! KONSER ABBA VOYAGE



Konser ABBA Voyage digelar setelah grup band ABBA bubar 40 tahun yang lalu dan 14 tahun tak tampil bersama. Konser ABBA Voyage menampilkan empat personel ABBA, Agnetha Fältskog, Björn Ulvaeus, Benny Andersson, and Anni-Frid Lyngstad, dalam bentuk avatar digital (atau tepatnya ABBA-tar). Band digital ini disertai dengan live band di atas panggung. Konser diadakan di tempat yang dibangun khusus di Queen Elizabeth Olympic Park, London, yang secara resmi diberi nama ABBA Arena.


Persiapan konser ABBA Voyage ini dilakukan sejak 2016 dengan menciptakan kembali klip-klip ABBA pada masa-masa 1970-an, saat memainkan hits seperti SOS, Voulez-Vous dan Lay All Your Love On me. Versi digital ABBA dibuat dengan teknik penangkapan gerak (motion capture) dari Industrial Light & Magic, perusahaan yang didirikan oleh George Lucas. pembuat film Star Wars. Proses motion capture memakan waktu selama lima minggu, menggunakan 160 kamera untuk menangkap gerakan tubuh dan ekspresi wajah keempat personel ABBA.



Konser ABBA Voyage dibuka pada tanggal 26 Mei 2022 dan dihadiri oleh para selebriti antara lain Kylie Minogue, Keira Knightley, dan Kate Moss, serta anggota keluarga kerajaan Swedia yakni Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia. Pada malam itu, ABBA membawakan 20 lagu hitnya selama 90 menit. Pada akhir pertunjukkan, empat anggota ABBA muncul di atas panggung. penonton berdiri dan memberikan tepuk tangan yang meriah. Tiket konser ABBA Virtual dapat dibeli di https://abbavoyage.com/

ABBA telah melakukan dobrakan dalam pertunjukkan musik. Agaknya ke depan akan ada lagi konser-konser virtual dengan avatar seperti ini. The Beatles, Rolling Stones, barangkali?

Tidak ada komentar: